Kunci Sukses Seorang Desainer

Kunci Sukses seorang Desainer


Potensi Diri seorang yg ingin mendalami Seni & Desain:
Unsur Sikap (Motivasi, Passion):
Pembentukan jiwa dan kesadaran yg diselaraskan dgn tuntutan berpikir & berkarya ke dalam iklim kreatif. “Bakat” seseorang, timbul / dipengaruhi dari factor lingkungan (keturunan, gen, kebiasaan, pergaulan, kodrat, dst). Dan merupakan karunia Tuhan. Pertanyaannya, “Apa Motivasi Anda?”
Unsur Rasa, CDS (Concept, Design, Style):
Sikap Peka dan Tanggap terhadap keindahan lingkungan, bisa mengontrol dan mengarahkan emosi + gairah, agar seimbang dgn kenyataan dalam mencipta pikiran/ide dan karya. Senantiasa mempertimbangkan Konsep, Desain, dan Gaya dalam berkreasi.
Unsur Raga (Fisik), Crafstmanship :
Tangan harus terlatih dan trampil, terutama dalam mensketch dan mengolah unsur2 Seni & Desain.
Technical Competence :
Kemampuan menggunakan Alat & Material
(Teknik Photography, Teknik Menggambar, Komputer, dst)
Unsur Akal (Rasio), Wide Horison:
Berwawasan Luas, berpikir Kreatif, Intelektual, professional.
Bagaimana caranya? Memahami dengan sungguh2 pengetahuan ttg Seni & Desain, apresiasinya, perkembangannya, tokoh artistnya, mengerti tujuan dari segala macam gaya seni lukis, gerakan, dst.
Manusia yg menyadari potensi dirinya adalah manusia yg mau mensyukuri nikmat yg diberikan Tuhan.



Memulai bisnis sendiri
Nama perusahaan
Pemilihan nama perusahaan, nama tersebut harus menarik perhatian dan kepercayaan dari customer potensialmu.Sebelum memutuskan nama perusahaan, pertimbangkan konsep desain logo. Inilah sebabnya perusahaan perlu menyiapkan desainer, pertimbangkan tipe karakter yang ingin ditampilkan oleh perusahaanmu.
Ada beberapa variasi gaya desain logo yang menampilkan karakter berbeda. Kalau kamu mau menghadirkan perusahaan yang sangat agresif, berteknologi tinggi, kamu seharusnya tidak menggunakan nama ‘Sloopy’ atau ‘Scroochy’.
Terdapat beberapa aturan yang paling penting dalam mempertimbangkan beberapa nama perusahan:
1. lebih pendek lebih baik. Lebih mudah mengingat nama Nike dari pada 'Kransferst Bayer Colombo Association of Michigan'.
2. Nama tersebut mudah untuk diucapkan. Sangat sulit untuk mengucapkan 'Shmakhtnik', 'Kchichkus' atau 'Xsassassas'.
3. mungkin akan sangat membantu untuk mendapatkan nama yang sesuai dengan filosofi perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan yang kuat dan solid harus menggunakan nama yang kuat dan berani, seperti 'Bamm', 'CastleDom', atau 'Gong'.
4. coba untuk menghubungkan antara nama dengan bidang bisnis. Contoh,perusahaan makanan –‘Bacon House’,perusahaan alat-alat kantor - 'BluePin'. perusahaan konstruksi - 'Golden Brick'
5. penampilan yang kreatif dan dikenal. Keluar dengan nama yang mempunyai arti seperti nama obyek atau kata yang mempunyai arti seperti 'Penguin Solution', 'Flying Frog', 'Walking House', or 'Yellow Pot'.
6. jangan melupakan pasar yang sudah ditargetkan oleh bisnismu. Target perusahaan asuransi rumah adalah target yang lebih matang. Akan sangat membingungkan untuk menggunakan nama seperti 'HipHop BangBang Solutions'.
7. cara yang bagus untuk melakukan tes pada nama perusahaan kamu adalah dengan memberitahukannya kepada temanmu dan tanyakan apakah mereka mengingatnya setelah satu minggu.
Hal ini tentu saja bukan tuntunan yang lengkap untuk memilih nama, tapi ini adalah beberapa faktor utama yang perlu di pertimbangkan. Ada juga beberapa factor seperti, pandangan pribadi, lokasi perusahaan, ketertarikan pasar yang spesifik, dan masih banyak aspek lainnya.



Anda sedang mencari masukan atau ide untuk acara khusus pelanggan (Promosi)
Dibawah ini tercantum daftar produk promosi dalam alfabet inggris A sampai Z;
A - aprons = celemek
B - briefcase = tas kerja
C - cookbook = buku masak
D - denim shirt = baju denim
E - emergency kits = alat P3K
F - Flashlight = lampu senter
G - Gift bags = tas untuk barang hadiah
H - highlighter = lampu penerang/penunjuk
I - ice scrapper = pisau pembersih es
J - jewelry = perhiasan
K - knife = pisau lentik
L - licen plate = plat nama
M - mints = permen penyegar
N - noise maker = alarm
O - oxford shirt = baju kaos
P - picnic cooler = box pendingin
Q - plaQue = plakat
R - radio
S - stuffed animal = boneka binatang
T - toothbrush = sikat gisi
U - umbrella = payung
V - vest = jaket rompi
W - watche = jam tangan
X - eXecutive toy/desk accessory = aksesori meja kerja
Y - yoyo
Z - zipper puller = pegangan risliting



Tipografi
Sejarah Tipografi & Jenis Huruf
Sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan pictograph. Bentuk bahasa ini antara lain dipergunakan oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux. Di Mesir berkembang jenis huruf Hieratia, yang terkenal dengan nama Hieroglif pada sekitar abad 1300 SM.
Bentuk tipografi ini merupakan akar dari bentuk Demotia, yang mulai ditulis dengan menggunakan pena khusus. Bentuk tipografi tersebut akhirnya berkembang sampai di Kreta, lalu menjalar ke Yunani dan akhirnya menyebar keseluruh Eropa.
Puncak perkembangan tipografi, terjadi kurang lebih pada abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk kekuasaannya. Karena bangsa Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri, mereka mempelajari sistem tulisan Etruska yang merupakan penduduk asli Italia serta menyempurnakannya sehingga terbentuk huruf-huruf Romawi.
Saat ini tipografi mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang ratusan jumlahnya
Jenis huruf
Secara garis besar huruf-huruf digolongkan menjadi:
Roman, dengan ciri memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Kesan yang ditimbulkan adalah klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin.
Egyptian, dengan ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan adalah kokoh, kuat, kekar dan stabil.
Sans Serif, dengan ciri tanpa sirip/serif, dan memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer dan efisien.
Script, merupakan goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkannya adalah sifast pribadi dan akrab.
Miscellaneous, merupakan pengembangan dari bentuk-bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan dan ornamen, atau garis-garis dekoratif. Kesan yang dimiliki adalah dekoratif dan ornamental.



Bekerjasama dengan Perancang Grafis
Tips bekerjasama dengan Perancang Grafis (desainer)
1. Sesuaikan waktu & tempat untuk menyampaikan kebutuhan anda, atur waktu pertemuan, pastikan terjadi kesepakatan kerja pada saat pertemuan pertama.
2. Pada saat pertama kali anda menghubungi perancang grafis (desainer), sampaikan kebutuhan anda dengan detail, siapkan data selengkap mungkin, hal ini penting disampaikan karena, desainer mampu menghasilkan pekerjaan dengan baik & sesuai kebutuhan anda jika anda menyampikan kebutuhan & data anda dengan detail.
3. jangan membuat desainer binggung dengan memberikan data yang belum lengkap atau data yang diberikan tidak akurat. Data yang belum lengkap dan tidak akurat akan memperlambat proses desain.
4. Saling menghargai, pastikan anda benar-benar membutuhkan bantuan dari desainer, dibutuhkan itikad yang baik dalam bekerjasama dengan desainer.
5. Menjaga komunikasi dengan baik, hubungi desainer jika terjadi kesalahan dalam desain (revisi), sampaikan keluhan & kritik membangun anda kepada desainer jika anda merasa ada kekurangan dalam bekerjasama dengan desainer.



Perancang Grafis yang sesuai dengan kebutuhan anda
Tips mencari Perancang Grafis yang sesuai dengan kebutuhan anda
1. Lihat portofolio desainer yang ingin anda tunjuk untuk bekerjasama, pastikan desainer tersebut memiliki portofolio yang baik, dapat dilihat pada website perancang grafis tersebut.
2. Desainer yang baik juga mampu menjawab kebutuhan anda & memberikan solusi dalam hal desain, rapi dalam pengerjaan, artistic, memiliki jiwa seni.
3. Pastikan desainer tersebut memiliki pengalaman yang cukup, pengalaman yang cukup tidak bisa diukur hanya melalui lamanya pengalaman kerja, dan usia desainer tersebut, akan tetapi dapat juga dilihat dari portofolionya.
4. Desainer yang baik adalah desainer yang mampu menghargai waktu anda (tepat janji), misalnya; dalam hal proses desain mampu menyelesaikan tepat waktu sesuai dengan kesepakatan.
5. kemampuan desainer bukan diukur melalui banyaknya softwear yang ia kuasai, akan tetapi bagaimana ia mampu memberikan hasil terbaik sesuai kebutuhan anda.



Prinsip-prinsip Desain Grafis
Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space).
Keseimbangan
keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal. Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh.
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah boks grafis yang dibuat litbang KOMPAS. Ilustrasi, garis dan teks tentang terjadinya tsunami dijadikan satu dalam sebuah boks garis dan diberi raster memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
Penekanan (aksentuasi)
dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Dalam desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kolom atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya.
Irama (repetisi)
merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antar kolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.



Elemen-elemen Desain Grafis
Garis
Garis dalam desain grafis dibagi menjadi 4, yaitu: vertikal, horisontal, diagonal, dan kurva. Dalam pekerjaan desain grafis, garis digunakan untuk memisahkan posisi antara elemen grafis lainnya di dalam halaman. Selain itu bisa digunakan sebagai penjelas kepada pembaca, sebagai pemisah antara dua bagian publikasi yang berbeda atau memberikan penekanan.
Bentuk
bidang yang terjadi karena dibatasi oleh sebuah kontur (garis) dan atau dibatasi oleh adanya warna yang berbeda atau oleh gelap terang pada arsiran atau karenanya adanya tekstur. Bentuk bisa berupa wujud alam (figur), yang tidak sama sekali menyerupai wujud alam (non figur).
Ruang
ruang terjadi karena adanya persepsi mengenai kedalaman sehingga terasa jauh dan dekat, tinggi dan rendah, tampak melalui indra penglihatan. Elemen ini dalam praktik desain grafis koran misalnya digunakan sebagai elemen ruang bernafas bagi mata pembaca. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu lelah membaca teks yang terlalu panjang. Ruang kosong diistilahkan dengan white space(ruang kosong).
Tekstur
Tekstur adalah unsur rupa yang menunjukkan rasa permukaan bahan (material), yang sengaja dibuat dan dihadirkan dalam susunan untuk mencapai bentuk rupa, baik dalam bentuk nyata ataupun semu. Misalnya kesan tekstur kayu, bulu atau gelas.tekstur adalah sifat dan kualitas fisik dari permukaan suatu bahan (material), seperti kasar, mengkilap, pudar, kusam, yang dapat diterapkan secara kontras, dan serasi.
Warna
Warna ditimbulkan oleh perbedaan kualitas cahaya yang direfleksikan atau dipancarkan oleh obyek. Pada saat kita melihat warna, sebenarnya kita melihat gelombang cahaya yang dipantulkan atau dipancarkan oleh obyek yang kita lihat. (Wartmann, 2004). Warna merupakan alat untuk dapat menarik perhatian.warna dapat memperlihatkan suatu kesan tertentu yang menunjukkan akan adanya kesan psikologis tersendiri.



Produk-Produk Desain Grafis
Permana (1994) mencatat beberapa pembagian produk-produk yang bisa dihasilkan dari pekerjaan desain grafis, yaitu:
Dokumen yang bersifat persuasive
iklan, undangan, permohonan undangan, poster, selebaran, prospectus, brosur
Dokumen yang menunjukkan identitas
kartu nama, sertifikat dan izazah, label dan tag, alat tulis kantor
Dokumen yang memberikan informasi
brosur, rencana pengajaran, proposal, jadwal, daftar produk, program, lembaran kerja, laporan
Publikasi berkala dan tidak
newsletter, majalah, laporan penelitian, jurnal, bulletin, tabloid, koran dinding, pengumuman
Dokumen yang menghendaki jawaban
Daftar isian riwayat hidup, formulir, lembar soal, kuesioner, lembar isian
Dokumen yang memberikan referensi
kalender, direktori, buku telepon, daftar barang, jadwal, buku alamat
Dokumen yang menunjukkan suatu proses
kurikulum, manual kerja, manual latihan, prosedur latihan, petunjuk, resep masakan



Misteri Angka 72
Angka Populer dalam software desain Grafis
Angka 72 merupakan angka favorit dalam dunia desain grafis. Lihat AdobePhotoshop dan Anda akan menjumpai angka 72. Bukalah Macromedia Fireworks dan angka 72 tersembul di sana. Banyak software desain grafis mengandalkan angka 72 ini. Mengapa angka 72 begitu populer dan kondang?

Kalau Anda ingin mengecat gambar baru dengan Adobe Photoshop, maka akan muncul kotak dialog Anda menentukan berapa panjang x lebar kanvas yang ingin Anda buat. Bisa 640 x 480 pixel, atau ukuran lainnya. Tapi uniknya, Adobe Photoshop dalam kotak Resolution telah menyediakan angka 72 dengan satuan pixel/inch. Mengapa angka 72? Dan, banyak software desain grafis telah memilih angka 72 untuk menempati tempat kehormatan pada kotak Resolution.

Sejarahnya begini. Ukuran monitor komputer Macintosh yang asli (sekarang sudah lebih variatif) adalah 512x342 pixel. Bila dikonversi dalam satuan inchi maka menjadi 7.1 x 4.5 inchi. Dengan begitu, angka 72 dots per inch (dpi) menjadi angka standar karena ukuran layar monitor komputer Macintosh saat itu seragam. Pada masa itu, Anda bikin gambar dengan resolusi 72 dpi maka gambar itu bisa ditampilkan secara utuh dalam semua layar monitor Macintosh. Dengan setting 72 dpi maka diasumsikan bahwa dalam 1 inchi terdapat 72 pixel dalam sebuah gambar.

Mulai dari sini, angka 72 menjadi angka standar. Anda menemukan bahwa angka ini dipakai oleh Photoshop dan Fireworks dalam Resolution-nya. Namun bukan berarti angka itu bersifat statis dan tak tergoyahkan. Anda bisa atur ulang berapa banyak titik dalam 1 inchi-nya. Bila Anda bekerja di dunia advertising dan Anda bergelut dengan desain cetak, maka standar dpi yang wajib Anda pakai adalah 300 pixel/inches. Bila 72 maka gambar tersebut akan pecah bila dicetak.
Jadi, mengapa angka 72 sangat favorit? Anda telah tahu rahasianya ...



indonetwork.co.id/pdimage/97/s_416297_area27c...

0 Komentar:

 
Copyright © CI SIAMO GUAZ | Created By CI SIAMO GUAZ